Arti dan Definisi Kepribadian

Agustus 7, 2007 pukul 4:42 am | Ditulis dalam Psikologi Kepribadian | 41 Komentar

Kepribadian itu memiliki banyak arti, bahkan saking banyaknya boleh dikatakan jumlah definisi dan arti dari kepribadian adalah sejumlah orang yang menafsirkannya. Hal ini terjadi karena adanya perbedaan dalam penyusunan teori, penelitian dan pengukurannya.

Kepribadian secara umum

Personality atau kepribadian berasal dari kata persona, kata persona merujuk pada topeng yang biasa digunakan para pemain sandiwara di Zaman Romawi. Secara umum kepribadian menunjuk pada bagaimana individu tampil dan menimbulkan kesan bagi individu-individu lainnya. Pada dasarnya definisi dari kepribadian secara umum ini adalah lemah karena hanya menilai perilaku yang dapat diamati saja dan tidak mengabaikan kemungkinan bahwa ciri-ciri ini bisa berubah tergantung pada situasi sekitarnya selain itu definisi ini disebut lemah karena sifatnya yang bersifat evaluatif (menilai), bagaimanapun pada dasarnya kepribadian itu tidak dapat dinilai “baik” atau “buruk” karena bersifat netral.

Kepribadian menurut Psikologi

Untuk menjelaskan kepribadian menurut psikologi saya akan menggunakan teori dari George Kelly yang memandang bahwa kepribadian sebagai cara yang unik dari individu dalam mengartikan pengalaman-pengalaman hidupnya. Sementara Gordon Allport merumuskan kepribadian sebagai “sesuatu” yang terdapat dalam diri individu yang membimbing dan memberi arah kepada seluruh tingkah laku individu yang bersangkutan.

Lebih detail tentang definisi kepribadian menurut Allport yaitu kepribadian adalah suatu organisasi yang dinamis dari sistem psikofisik individu yang menentukan tingkah laku dan pikiran individu secara khas.

Allport menggunakan istilah sistem psikofisik dengan maksud menunjukkan bahwa jiwa dan raga manusia adalah suatu sistem yang terpadu dan tidak dapat dipisahkan satu sama lain, serta diantara keduanya selalu terjadi interaksi dalam mengarahkan tingkah laku. Sedangkan istilah khas dalam batasan kepribadian Allport itu memiliki arti bahwa setiap individu memiliki kepribadiannya sendiri. Tidak ada dua orang yang berkepribadian sama, karena itu tidak ada dua orang yang berperilaku sama.

Sigmund Freud memandang kepribadian sebagai suatu struktur yang terdiri dari tiga sistem yaitu Id, Ego dan Superego. Dan tingkah laku, menurut Freud, tidak lain merupakan hasil dari konflik dan rekonsiliasi ketiga sistem kerpibadian tersebut.

Dari sebagian besar teori kepribadian diatas, dapat kita ambil kesamaan sbb(E. Koswara):

1. sebagian besar batasan melukiskan kerpibadian sebagai suatu struktur atau organisasi hipotesis, dan tingkah laku dilihat sebagai sesuatu yang diorganisasi dan diintegrasikan oleh kepribadian. Atau dengan kata lain kepribadian dipandang sebagai “organisasi” yang menjadi penentu atau pengarah tingkah laku kita.
2. sebagian besar batasan menekankan perlunya memahami arti perbedaan-perbedaan individual. Dengan istilah “kepribadian”, keunikan dari setiap individu ternyatakan. Dan melalui study tentang kepribadian, sifat-sifat atau kumpulan sifat individu yang membedakannya dengan individu lain diharapkan dapat menjadi jelas atau dapat dipahami. Para teoris kepribadian memandang kepribadian sebagai sesuatu yang unik dan atau khas pada diri setiap orang.
3. sebagian besar batasan menekankan pentingnya melihat kepribadian dari sudut “sejarah hidup”, perkembangan, dan perspektif. Kepribadian, menurut teoris kepribadian, merepresentasikan proses keterlibatan subyek atau individu atas pengaruh-pengaruh internal dan eksternal yang mencakup factor-faktor genetic atau biologis, pengalaman-pengalaman social, dan perubahan lingkungan. Atau dengan kata lain, corak dan keunikan kepribadian individu itu dipengaruhi oleh factor-faktor bawaan dan lingkungan.

About these ads

41 Komentar »

Umpan RSS untuk komentar-komentar pada pos ini. TrackBack URI

  1. definisinya gak jlas

  2. Menarik juga berbicara tentang kepribadian seseorang, karena kepribadian sifatnya abstrak, pertanyaan saya apa saja variabel kepribadian dan apa bisa diukur kepribadian seseorang, tulisan menarik, thanks

  3. masukin kepribadian timur dunks….!
    sufism, buddisme, konfesianism…..

  4. Aqu lg cr arti kepribadian coz dosenqu akan tny kami mhsiswanya tp slalu dibalik tanya lagi so aqu butuh lbih bnyk artikel2 tntng kpribadian

  5. makaciiiiii….
    cuz ini aQ bs ngerjain tugas kampussss

    GO!!!!!!!!!!

  6. pengertian nya kurang luas dan ngak jelas

  7. tulisan ne bagus…
    tapi terlalu filosof, so bagi yang males otak atik otak, yah jadi gak nyambung geto…
    intinya sie, bahasa nya please di buat ringan sedikit…kalo berbicara tentang kepribadian, bener banget banyak sekali definisi, tergantung dari orang yang bersangkutan mengartikannya.bagi aku sie, kepribadian adalah bagaimana cara seseorang menyikapi problema yang ia hadapi dan bagaimana cara dirinya mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan dalam kehidupannya. sori kalo kurang ngena……thanks

  8. wah saya jadi bingung! memang mendefinisikan personality tergantung pada aliran psikologi yang anut.

  9. kenapa tokoh-tokoh yang dibahas cuma itu doank. bisa ditmbahi tokoh lainnya seperti kelly, cattel dan tokoh-tokoh lainnya yang membahas tentang kepribadian dan teori-teorinya.

  10. thx yaaaaaaaaaaaaa

  11. dalam pendidikan sangat perlu di ajarkan lebih dalam ttg individual dan yang berpengaruh pada psikologi dalam kehidupan kita sehari – hari, karena anak2 zaman sekarng kurang mengetahui hal tersebut

  12. Blognya koq ga diupdate mas.. padahal bth banyak masukan tentang psikologi.

    fitri
    http://duniapsikologi.dagdigdug.com/

  13. wiii..bguzzz untk tgaz dramaa~~

  14. Bingung…..???????

  15. ihh…
    masa definisinya cuman sapai 3 doang sich!!!
    ni lg buat tugas tw
    seharusnya min 5 tw!!!
    jd kurang dech definisinya!!!
    ditambahin kek…

  16. Defenisi tentang kepribadian sangat banyak. Para pakar kepribadian saling beradu pendapat. Menurut saya pribadi, defenisi kepribadian adalah kumpulan dari seluruh keberadaan atau eksistensi individu yang meliputi:
    Cara berbicara, berkomunikasiatau mengemukakan pendapat
    Cara berpikir
    Cara makan
    Cara berjalan
    Cara duduk
    Cara berpakaian
    Cara bersosialisasi
    Cara bertindak
    elem yang lain dapat saudara pembaca tambahkan sendiri.

    Keseluruhan elemen tersebut yang merupakan bagian dari individu akan dengan jelas menampilkan kepribadian seseorang. Kepribadian itu meliputi yang terlihat dan yang tidak terlihat. Misalnya nilai yang dianut oleh orang tersebut tidak bisa dilihat, tetapi akan jelas terlihat pada waktu dia mulai berbicara dalam mengemukakan pendapatnya.

    Saya melihat dari segi praktisnya saja sehingga tidak berbelit-belit.

    Shalom Aleichem
    Margaretha Tobing

    Jakarta 12 Februari 2009

  17. Kepribadian manusia itu sangat unik karena setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda.

  18. pengertian umumnya apa nih? kok gue jd binun yaa.. hmm

  19. bagus!!!!1

  20. wah gmn ya???? saya kurang ngerti!

  21. Hemm, menarik bnr jg sih filosofik, tp mmg sdh sharusx sgla sst it filosofik. Salam kenal,

  22. narasumberny ga di cantumin…
    ga jelas

  23. thanks ya….

  24. Bingung menyimpulkannya.. ngambang, yg simple dong..

  25. makasih,…

  26. Pembahasan bersifat umum,hanya ada beberapa pendapat para ahli

  27. Lagi pus!ng ne mikiRin tugas akhiR tentang kepRibadian,
    Cz skRipsi Q tentang kepRibadian tokoh utama dalam novel,
    makLum anak sastRa..

  28. aku mnta tlong dong aku lg ada tgas tntang kepribadian aku mw contoh film tntang kepribadian makash…sblumnya

  29. definisi tingkah laku dengan kepribadian sm or ga..???

  30. aku sangat tertarik dengan psikologi
    ada yang mw bantu aku kadih ilmu tentang psikologi?
    hub aku ya di viktrianitel@ymail.com
    gw tggu
    lebih cepat lbih baik kata Jusuf Kalla
    ha…ha…ha…
    tx be4

  31. Wahhhhh aku jdi binggungggggggg…..tpi…akan aku pilih deh…dri semua definisi….

  32. Wah,..Kelihatannya trlalu simple..jd ngga’ jlas,tp klo dlhat dg bhsa yg dgunakan ini trmasuk tulisan yg bgus jga…Krn ada ilmu ddlmnya…

  33. Lumayan,
    .bwt tmbh pngetahuan tntng kpribadian,
    .tmbh pngertianX
    .n lbh spesifik kan lg..

  34. boleh tau referensi2 buku-bukunya engga………???? serius mau tau

  35. artikel yang menarik untuk dimengerti,
    mungkin untuk lebih dijabarkan secara lebih rinci dg artikel2 berikutnya yang relevan dg artikel ini.
    dan yang pasti dg sumber2 yang jelas juga.
    tk

  36. di kasih pangarang,tahun,penerbit dong,ben sa ta jdiin referensi

  37. kepribadian umum ada tyuzzz kpribadian khusus ad g’ cih…..

  38. keperibadian kebada kepribadaina tersendiri dari sikap kita orang alin percuma tidak akan membantunya susah ya di puasin seneg di keprok emang kanya gitu ya selau bikin onar juga binyak kerok profokator ya percuma sekolah tinggi bego juga s3 gak nyambung kali ya

  39. keperibadian seorang bukan di tentukan dari pendikan tapi melainkan dari sikap kita walupun sarjana tapi gak punya sopan santun percuma karena mereka bisa nya ya teori terus paraktek kali ya yg ilmuan lebih ,pinter tapi belum tentu yg ilmuan bisa dapetin 70 milayar di bandingkan dengan penyayi kali mempunyai kerefitas ide terus cermerlang yg s3 kali yg rumah ya bocor kali seles ide ku diambil yg s3 diya gak punya kerefitas terampil bego lagi

  40. jamis pendidikan sekarang karena sain lebih bergengsi karena mreka tidak bisa ide , kerefitas terus yg s3 juga seles jadi percuma juga lah karena mereka tidak bisa kerefitas bisa ikutan kopimastel kali ya karena ide terus terampil karena mereka bersaing ya kerefitas gak ada yg sarjanayg anggur kali


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com. | The Pool Theme.
Entries dan komentar feeds.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: